4 Ketakutan Berkebun di Rumah

  • Share
4 Ketakutan Berkebun di Rumah

Ternyata ada juga loh yang takut melakukan aktivitas asyik ini. Memang berkebun tidak bisa dirasakan serunya sebelum kita melakukannya. Untuk berkebun memang harus menyediakan waktu pagi hari sebelum beraktivitas yang lain. Tapi masih banyak juga yang belum mau memulainya karena takut akan beberapa hal berikut ini. Nah pada artikel ini akan kita jabarkan ketakutan-ketakutan yang dirasakan sebelum kita memulai berkebun. Yuk simak sampai habis

  1. Mendatangkan penyakit

Hanya dengan logika “berkebun itu menyentuh tanah” dan “tanah itu kotor” maka kita menyimpulkan berkebun mendatangkan penyakit. Sayang sekali kalau pemikiran seperti ini dirasakan oleh kita. Akhirnya berkebun jadi terkesan buruk dan dilakukan oleh orang yang jorok. Padahal sudah banyak penelitian yang membahas tentang manfaat kesehatan dari berkebun. Selain berkebun adalah aktivitas yang tidak pernah ada efek sampingnya, berkebun juga banyak manfaat dari sisi kesehatannya. Secara mudah, berkebun itu bergerak, berarti mengurangi kalori dan membakar lemak. Lebih dalam lagi ada Mycobacterium vaccae di dalam tanah, menghasilkan serotonin yang memacu kita akan selalu bahagia dan melepaskan stress. Loh kenapa justru berkotor itu malah menyehatkan kita? Yuk berkebun

  1. Menghabiskan uang

Pernahkah kamu mendengar ada orang miskin karena berkebun? Pasti tidak pernah. Tapi kenapa malah kita takut miskin karena berkebun? Semangat yang kita dapatkan dari berkebun justru akan mempengaruhi kegiatan yang lain untuk bersemangat. Makanan yang dihasilkan dari berkebun juga pasti sebuah kebahagiaan yang membuat kita terus terusan berkebun. Eits, ada fakta menarik juga loh. Berkebun itu kegiatannya orang kaya, bukan orang miskin. Kalau mau kaya, makanya berkebun!

  1. Bikin capek

Bener banget kalau berkebun bikin capek, tapi hanya secara fisik. Tapi secara pikiran, berkebun malah bikin fresh, bahagia dan kreatif. Capek secara fisik akan bermanfaat ke diet harian, dan membuat tidur lebih pulas. Segar secara pikiran malah bikin akivitas lain menjadi semangat. Berkebun juga memacu ide kita untuk berkreativitas. Alat dan bahan berkebun juga bisa didapatkan dari bahan sekitar, membuat kita peka terhadap lingkungan. Bahkan sejorok sampah pun di tangan kita para pekebun akan menjadi barang yang sangat berharga dan menjadi manfaat untuk tanaman. Jadi sepintar apa kita mendefinisikan capek?

  1. Sulit banget

Mengatakan sulit sebelum melakukan hanyalah prasangka. Dan lagi sulit itu bukan berarti tidak bisa dan tidak akan kita lakukan. Berkebun yang sangat menyenangkan, apabila dibarengi kata sulit maka tidak akan membuat kita berkembang. Tapi berkebun dibarengi kata positif, seru, dan menyenangkan membuat kita cepat bisa bertanam berbagai jenis tanaman. Komunitas Infarm yang kita bangun sudah membuktikan, belajar bertanam dari nol sekalipun bisa kok. Salah tinggal diulang, bingung tinggal tanya. Gampang kan?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *