Tanaman yang Cocok jika Rumahmu di Kota

  • Share
Berkebun di Kota Bersama Infarm

Saat kalian yang tinggal di kota sudah punya keinginan berkebun, lalu pertanyaan selanjutnya, Nanem Apa? Jawaban singkatnya adalah tanam yang kamu suka. Tapi jawaban ini pasti malah bikin kita bingung, apalagi jika rumah kita di pemukiman sempit dan lahan yang terbatas, media tanam yang harus beli, lingkungan penuh polusi dan banyak lagi masalah yang ditimbulkan. Ada beberapa pilihan buat kamu yang pengen nanem di kota, yuk simak!

  1. Pohon berbuah

Kita mulai dari yang bener-bener dasar, yaitu pohon. Pohon bermanfaat untuk tempat berteduh, memperindah rumah, menghasilkan buah, dan menjadi rumah untuk hewan-hewan liar. Untuk tempatmu yang sempit, pilih pohon yang tidak terlalu lebar, tapi bisa rimbun. Pohon seperti jeruk, apel, dan srikaya bisa menjadi pilihanmu. Boleh juga nanem mangga dan alpukat kalau halamanmu lebih luas. Sebelum menanam pohon, jangan lupa tanah tempat bertanam diolah dulu, bisa digemburkan dan dicampur kompos, pupuk kandang atau bahan yang mengandung banyak mineral. Biar lebih expert, kamu bisa mempelajari dulu tentang lama penyinaran, cuaca/iklim, kondisi tanah, ketersediaan air dan kondisi angin. Hal ini lebih membuat poon yang kamu tanam bisa maksimal menghasilkan buah yang manis dan lebat.

Jika di daerahmu menjual pohon dengan varietas kerdil, maka lebih baik kamu memilihnya karena bisa cukup beberapa jenis buah di depan rumah. Selamat berburu pohon-pohon buah di toko bibit dekat rumahmu ya!

  1. Sayur dan Herbal

Ngomong-ngomong tentang berkebun, sayur dan tanaman obat juga cocok dan tetep cantik kok kalau ditanam di perkotaan. Sekalipun di kebun komplek, depan rumah, belakang rumah kamu bisa menumbuhkan sayur di semua tempat. Dengan ukurannya yang mungil, kamu tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas untuk bertanam. Tomat, terong, melon dan timun juga bisa menjadi pilihanmu karena makanan ini sudah biasa kita konsumsi sehari-hari.

Tapi dengan keberadaan kota yang cukup banyak masalah lingkungan, polusi, sampah dan hama tikus, kamu perlu memperhatikan kondisi dan menyesuaikan tanaman apa saja yang cocok dan bertahan sampai panen tanpa gangguan. Penggunaan perangkap tikus, yellow trap, dan petrogenol dan perangkap lain akan membantu tanamanmu lebih aman. Ketersediaan cahaya juga perlu diperhatikan, karena akan menentukan posisi dan jenis tanaman yang kita tanam. Jika tersedia 3 jam penyinaran, maka sayuran bisa ditumbuhkan, jika bisa lebih dari 5 jam, tomat dan terong cocok dan bisa lebat. Jika kurang dari 3 jam, maka menanam tanaman obat seperti jahe, kunyit, lidah buaya dan basil akan lebih cocok.

  1. Bunga

Bunga pada umumnya menyukai sinar matahari tapi tidak suka kehujanan. Kalau ada space kosong yang memenuhi syarat itu, kamu bisa memilih bunga apa saja yang pengen ditanam. Nah gimana dong kalau tetep pengen nanem bunga tapi gaada tempatnya kehujanan? Boleh dipasang atap transparan dulu. Beberapa bunga yang biasa ditumbuhkan di tempat kita ada vinca, petunia, bunga matahari, mawar, dasshu dan masih banyak lagi. Jangan lupa pilih varietas dan kualitas benih-benih bunga yang bagus biar hasilnya bisa kita nikmati dengan maksimal. Oiya cara tanam bunga beda lho dengan sayuran. Kamu tidak bisa setiap hari menyiramnya karena bunga akan busuk kalau basah terus. Pilih media tanam yang banyak rongga-rongga udaranya juga agar tetap segar.

Nah gimana nih infarmers, sudah tau mau nanem apa aja di halaman rumahmu?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *